08.29

MindMap season 3 - Project Risk Management (manajemen risiko proyek)

kali ini matakuliah MPTI bakalan ngebahan apa itu 9 knowledge area. apa tuh????
setelah bertanya ke mbah google dan buka2 pdf MPTI. buanyaaaak bgt penyelasan mengenai apa itu 9 knowledge area. salah satunya adalah ppt Manajemen Risiko Proyek by Eko Ruddy Cahyadi .
karena dalam matakuliah ini ada yang namanya pembagian tugas, jadilah aku kebagian yang manajemen risisko proyek.
HERE WE GO!!!!! sedikit tentang salah satu dari 9 Knowledge Area, Project Management Risk


Dalam 9 Knowledge Area yang terdapat dalam manajemen proyek, salah satunya adalah manajemen risiko proyek (Project Risk Management).
Secara harfiah makna dari risiko adalah  suatu peristiwa atau keadaan yang tidak pasti, dimana jika hal tersebut terjadi maka akan membawa pengaruh baik atau pengaruh buruk bagi sekitarnya. Maka jika dikaitkan dengan proyek maka makna dari manajemen risiko proyek adalah kejadian/peristiwa atau keadaan yang tidak pasti, dimana jika hal tersebut terjadi maka akan memberikan pengaruh baik atau pengaruh buruk bagi tujuan sebuah proyek.

Adapun proses yang terjadi dalam manajemen resiko adalah sebagai berikut, yaitu:
  • Risk Management Planning (Perencanaan manajemen risiko)
  • Risk Identification (Identifikasi Risiko)
  • Qualitative Risk Analysis (Analisis Risiko Kualitatif)
  • Quantitative Risk Analysis (Analisis Risiko Kuantitatif)
  • Risk Response Planning (Perencanaan Respon Risiko)
  • Risk Monitoring and Control (Mengendalikan dan Memonitoring Risiko)
 ayo bahas satu-satu
Risk Management Planning (Perencanaan manajemen risiko). adalah sebuah proses menetapkan keputusan dalam melakukan pendekatan terhadap manajemen risiko dan bagaimana melaksanakannya dalam proyek. hal-hal yang terlibat dalam perencanaan manajemen risiko ini adalah faktor lingkungan sekitar, aset proses organisasi, detail dari scope suatu proyek. dan hasil keluaran dari perencanaan manajemen risiko adalah rencana manajemen proyek.yang terdiri dari metode, peran dan tanggungjawab, anggaran, waktu, kategori resiko, definisi peluang dan dampak dari risiko.
Risk Identification (Identifikasi Risiko). proses menentukan risiko apa saja yang mempengaruhi proyek serta mendokumentasikan karakteristiknya. terdapat beberapa stakeholder yang terlibat dalam proses ini seperti MP(manajer Proyek), anggota tim proyek, tim teknisi selain anggota tim proyek, pelanggan, anggota manajemen risiko, dan yang paling penting adalah end user. dapat dikatakan sebagai proses iteratif dimana risiko-risikko yang muncul nanti akan berperan sebagai kemajuan proyek melalui siklus hidupnya.
Qualitative Risk Analysis (Analisis Risiko Kualitatif). Menilai prioritas risiko teridentifikasi menggunakan peluang terjadinya dan dampaknya terhadap tujuan proyek bila risiko itu terjadi. selain itu menilai faktor-faktor lain seperti kerangka waktu dan tolerasi risiko dari kendala biaya, jadwal, ruang lingkup, dan mutu. keluaran dari proses ini adalah Risk register (up date). Quantitative Risk Analysis (Analisis Risiko Kuantitatif). Dikerjakan berdasarkan risiko yang diprioritaskan oleh proses analisis risiko kualitatif, dimana dalam proses ini menggunakan metose dimulasi montecarlo dan pohon keputusan untuk penyelesaiannya. keluaran yang didapat dalan proses ini adalah Analisis probabilistik proyek, peluang mencapai tujuan biaya dan waktu, daftar prioritas risiko terkuantifikasi.Risk Response Planning (Perencanaan Respon Risiko). Proses mengembangkan pilihan dan menentukan tindakan untuk meningkatkan kesempatan dan mengurangi ancaman terhadap tujuan proyek. Ini mengikuti analisis risiko kualitatif dan kuantitatif. hasil out put yang didapat adalah Project management plan (Updates), Risk related contractual agreement. Risk Monitoring and Control (Mengendalikan dan Memonitoring Risiko). tujuan utama dari proses ini adalah mengidentifikasi, menganalisis, dan merencanakan risiko-risiko yang baru muncul, melacak risiko teridentifikasi, menganalisis ulang risiko sekarang, memonitor kondisi pemicu rencana kontingensi, memonitor sisa risiko, dan mereview pelaksanaan respon risiko saat mengevaluasi keefektivannya. hasil keluarannya adalah sebagai berikut Risk register, Requested changes, Recommended corrective action, Recommended preventive action, Organizational process asset (updates), Project management plan (Updates).


nah itu gambaran secara umum yang bisa lika posting. biar lebih jelas mending langsung dibaca pptnya. selain ppt aq buat mindmap untuk permasalahan ini. bisa di dunlud disini




0 komentar: